Cari Blog Ini

Minggu, 11 Oktober 2015

Ringkasan Materi Microsoft Office

RINGKASAN MICROSOFT OFFICE

RINGKASAN MICROSOFT OFFICE 
1.    Microsoft Word
 Microsoft Word yaitu salah satu aplikasi besutan dari Microsoft yang banyak digunakan untuk menulis dokumen,surat,skripsi,dan sebagainya dengan menggunakan aplikasi ini mempermudah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.Secara umum tampilan ms word terdiri atas Title Bar,Menu Bar,Tool Bar,dan Ruller.Tittle bar merupakan nama file yang sedang dikerjakan.Menu bar merupakan bagian perintah yang ada untuk memudahkan pekerjaan yang berisi sub-sub perintah sesuai katagori sebagai contoh menu insert terdiri dari:Pages,Tables,Ilustrasion,Link,Header and Footer Text,Dan Symbol.

berikut menubar yang ada pada MS.Word:
Home  :
Didalam menubar terdapat beberapa grup yaitu: clipboard, font, paragraph,styles, dan editing

Insert:
Didalam menubar insert berfungsi untuk menyisipkan suatu data yang dibutuhkan seperti menyisipkan tabel, menyisipkan gambar, menyisipkan diagram,memberi teks indah yang ada pada fitur Word Art dll. Di Insert terdapat beberapa grup yaitu:pages, tables, illustration, links,header&footer, text, symbols

Page layout:
Page layout berfungsi untuk mengatur format halaman, dan grup yang terdapat pada menubar page layout yaitu: themes, page setup, page background, paragraph, arrange.

References:
Didalam menubar references terdapat beberapa grup yaitu: Table of content, footnotes, citations&bibliography, captions, index, table of authorities.
Mailings:
Pada menubar mailings, mailings berfungsi untuk membuat teks berformat surat atau email. Grup yang tedapat pada mailings yaitu: create, start mail merge, write&insert fields, preview result, dan finish.

Review:
Didalam menubar review terdapat beberapa grup yakni: proofing, comments, tracking, changes, compare, dan protect.

View:
Menubar view berfungsi untuk melihat tampilan, atau melihat hasil akhir teks, dalam teampilan yang tertentu. Grup yang terdapat pada view yaitu: document view, show/hide, zoom, window, dan macros
2.    MicroSoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
 Pengenalan Layar Kerja MS Excel
catatan:
• Formula Bar adalah : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat
bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan
alamat cell / cell addressnya.
Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama
dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
• Name Box adalah : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk
oleh pointer.
Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV)
selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh :
→ cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.
3.      Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan sebuah program komputer bagian dari Microsoft Office, yang dapat digunakan untuk mengatur dan menyajikan informasi dalam bentuk slide elektronik.

A. Masuk dan Keluar Microsoft PowerPoint.
Untuk memulai PowerPoint, langkah yang diperlukan adalah :
1. Jalankan MS Windows
2. Klik Start button, kemudian klik Program
3. Dalam menu Program, klik Microsoft PowerPoint
4. Setelah PowerPoint dipilih, akan muncul kotak dialog
5. Dari kotak dialog tersebut, tentukan jenis Slide presentasi yang ingin dibuat.
6. Klik OK
Untuk keluar dari PowerPoint, caranya adalah :
1. Klik menu File pada halaman utama PowerPoint
2. Pilih menu Exit

B. Membuat, menyimpan, dan membuka presentasi di Microsoft Power Point (Open, Create, Save, Close presentasi)
Membuka (open) file presentasi
Bila ingin membuka file presentasi yang telah ada sebelumnya, caranya :
1. Masuk ke Program Microsoft PowerPoint
2. Muncul kotak dialog
3. Setelah muncul kotak dialog, klik Cancel
4. Pada halaman aplikasi PowerPoint, klik menu File, lalu klik Open
5. Kemudian muncul kotak dialog
6. Tentukan dan temukan file PowerPoint yang ingin dibuka
7. Klik OK
Membuat (Create) Presentasi
Halaman aplikasi PowerPoint mempunyai beberapa tipe yang defaultnya adalah Normal view seperti pada gambar berikut ini.
Langkah yang dilakukan untuk membuat slide presentasi :
1. Pada halaman baru dari PowerPoint, pilih tipe halaman slide yang hendak dipakai
2. Klik pada tempat yang diinginkan untuk menulis materi presentasi
3. Untuk menambah slide baru berikutnya, pilih Menu Insert, kemudian klik New Slide.
4. Proses 1 akan terulang lagi, dan seterusnya.
Menyimpan (Save) Presentasi
Slide presentasi yang telah selesai dibuat, dapat disimpan ke suatu file dengan cara :
1. Klik menu File, kemudian klik Save As
2. Muncul kotak dialog
3. Tentukan nama file yang akan disimpan beserta lokasi file tersebut. File dapat disimpan dalam format .pptx atau .ppt (dapat dibuka versi sebelum 2007)
4. Klik OK.
Menutup (Close) Presentasi
Untuk keluar dari halaman aplikasi PowerPoint, langkahnya :
1. Pilih menu File
2. Klik tombol Exit
4.    Microsoft Acces
Basis data terdiri dari 2 kata, yaitu basis dan data. Basis adalah markas/gudang, tempat bersarang atau berkumpul, sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan) dll.
Basis data dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang:
• Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
• Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
• Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
Tujuan Basis Data
1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
3. Keakuratan (Accuracy)
4. Ketersediaan (Availability)
5. Kelengkapan (Completeness)
6. Keamanan (Security)
7. Kebersamaan Pemakaian (Sharebility)
Bebarapa fungsi yang terdapat pada Microsoft Acces :
1. Create a new file digunakan untuk membuat data base baru dalam Ms Acces
2. Fasilitas yang ada pada MS Access adalah : Table, Query , Form, Report, Macro, Modul
3. MS Access adalah Program database pada Microsoft office yang menerapkan sistem data base relasional
4. Report adalah fasilitas yang merupakan kumpulan informasi yang ditata dan ditampilkan dalam bentuk print preview pada Ms Access
5. Fungsi Form dalam Microsoft Access adalah untuk menginput data dalam format atau tampilan layar
6. Ekstensi adalah bentuk/format dari setiap nama file. Ekstensi file untuk program database Microsoft Accsess adalah .mdb
7. Pada pembuatan blank data base, langkah yang harus dilakukan setelah memilih blank database adalah mengisi create name
8. Fasilitas access yang digunakan untuk menampilkan, mengubah, menganalisis sekaligus sebagai sumber data selain table adalah Query
9. Tipe data yang digunakan untuk field karakter huruf adalah Text
10. Tipe data yang digunakan untuk field angka adalah Number
11. Primary key adalah Field yang digunakan sebagai field index utama atau field kunci pengurutan data dari sebuah tabel
12.  create form bay using wizardàUntuk membuat form pada Ms Acces adalah Pilih form
13. Di dalam sebuah table aplikasi Microsoft Accsess terdapat Field. Yang dimaksud dengan Field adalah Atribut dari sebuah tabel
14. Untuk dapat membuat report baru berasal dari Table
15. Fungsi dari Primary Key adalah Agar tidak terjadi penggandaan Isian data
16. Scanner adalah perangkat atau piranti Peripheral computer
17. Scanner dalam bahasa Inggris berasal dari kata dasar Scan yang dalam bahasa Indonesia sering disamakan dengan istilah Pindai
18. Scanner yang sering kita jumpai di supermarket adalah jenis secanner Hand-held Scanner
19. scanner yang penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover adalah Plat Bed Scanner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar